Bandung - mesjid.or.id, Pimpinan Daerah Persatuan Islam (PD PERSIS) Kabupaten Bandung telah menyelenggarakan acara bedah buku pada Sabtu (05/01/2022) kemarin.

Bertempat di Hotel Antik Soreang, acara tersebut membahas buku karya tim ekonomi PD PERSIS Kabupaten Bandung yang berjudul “El-satuMart sebagai Gerakan Muamalah”. 

Acara dihadiri oleh seluruh unsur PD PERSIS Kabupaten Bandung beserta otonom, 28 Pimpinan cabang, dan juga unsur dari Pimpinan Wilayah (PW) PERSIS Jawa Barat. 

El-satuMart sendiri lahir dari prinsip gerakan persaudaraan (Muakhot), yang diduplikasi dari konsep yang ada di Madinah. Sebab, yang menghalau ekonomi Yahudi dari Madinah adalah hasil Muakhot. 

Ketua Umum PP PERSIS KH. Aceng Zakaria turut hadir untuk membuka acara. Dalam sambutannya, Ustaz Aceng memberikan apresiasi terhadap inisiatif PD PERSIS Kabupaten Bandung dalam gerakan muamalah dengan memberikan nama gerakan el-satuMart. 

Beliau juga menyampaikan bahwa gerakan el-satuMart yang digagas oleh PD PERSIS Kabupaten Bandung ini diharapkan dapat menggugah PD lainnya, hingga dapat menggembangkan usaha dan pengusaha di dalamnya sebagai kekuatan ekonomi jamiyyah.

"Kita memiliki potensi, yaitu umat yang jika dibandingkan dengan mereka, potensi umat kita yang paling banyak. Tetapi, kenapa secara ekonomi kita masih dikalahkan oleh mereka? Karena kita belum bersatu," jelas Ustaz Aceng. 

Dalam hal ini, menurut Ustaz Aceng, perlu ada gerakan membeli produk sendiri. Jika harganya belum bersaing, beri dukungan dulu, beli dulu produknya.

"Sekiranya mahal sedikit, maka bersabar dulu karena keuntungannya dipastikan akan mengalir kepada jamiyyah sendiri, baik zakat, infak, ataupun shadaqah," tambahnya. 

El-satuMart yang digagas oleh PD PERSIS Kabupaten Bandung ini memiliki konsep membangun jaringan kios di setiap cabang yang berjumlah 28 cabang.

"Maka, saya optimis bahwa hal itu akan berkembang dengan dukungan umat, baik dari kalangan internal PERSIS maupun dari luar PERSIS, asalkan dikerjakan secara tekun," jelasnya. 

Di akhir sambutannya, Ustaz Aceng juga mengungkapkan kebanggaan dan rasa syukur dengan adanya acara bedah buku ini.

"Mudah-mudahan kita semuanya dapat terus bersama-sama memperjuangkannya, agar gerakan el-satuMart ini dapat dirasakan keberadaannya oleh seluruh umat," harapnya. 

Acara bedah buku tersebut mengangkat tiga orang panelis, yaitu KH. Uus Muhamad Ruhiyat, Dr. H. Uyun Kamiluddin, SH, MH, dan Dr. Pepen Irpan Fauzan, M.Hum., Dipandu oleh Dr. Uus Rustiman, Lc., M.Hum., dan disiarkan secara live melalui kanal PERSISTV channel.

(PIF/MN/FAR)

Previous Post Next Post